<a href="http://www.mt5.com/id/">Portal Forex</a>

Minggu, 07 November 2010

Berbagi Hasil dengan Pemilik Lahan

Jika lahan yang akan Anda kelola adalah HOT DEAL. Maka berbagi hasil dengan pemilik tanah adalah suatu kewajaran. Dalam buku The Property Developer saya memberikan patokan 10%. Namun dalam materi di kelas Property University saya menegaskan bahwa 10% hanyalah patokan awal. Pemilik tanah berhak melakukan negosiasi. Apakah harus 10%? Ataukah tidak menggunakan prosentase sama sekali? Ini bergantung dengan siapa pemilik tanahnya.
Terdapat 2 metode berbagi hasil dengan pemilik tanah.
METODE PROSENTASE
Metode ini akan berjalan dengan baik apabila pemilik tanah yang Anda temui lebih suka berbisnis. Logika prosentase akan masuk akal. Sebagian dari keuntungan proyek akan diberikan kepada pemilik tanah. Berapa besarannya itu sangat bergantung dengan negosiasi Anda  dan berapa modal yang musti Anda setorkan.
Sebagai gambaran semisal Anda menawarkan 10% dari keuntungan. Namun pemilik tanah meminta 40%. Total Laba 1 M. Boleh Anda setujui apabila modal yang akan digunakan misalnya 100 juta. Sehingga apabila Anda memiliki kewajiban kepada Investor sebesar 2 kali modal (200 juta), maka Anda masih mengantungi 400 juta (1M – Hak Pemilik Tanah 40% – Hak Investor 200jt). Tidak ada patokan resmi. Ini murni intuisi Anda.
METODE NAIKKAN HARGA
Namun apabila yang Anda temui adalah orang yang tidak suka berbisnis,  atau orang yang tidak mau ribet dalam hitung-hitungan bisnis, metode ini adalah pilihan yang lebih tepat. Besaran harga yang dinaikkan juga bergantung dengan negosiasi Anda. Metode ini lebih simple dan negosiasi juga lebih mudah.
Contoh : Lahan seluas 1ha dengan nilai 500juta. Dalam perhitungan quick count, laba yang akan diterima sebesar 1 M. Sepuluh persen dari 1M adalah 100juta. Dengan demikian, lahan senilai 500juta, Anda tawar 600juta!!! (Keren ya, nawar kok malah naikin harga).
Ok. Selamat mencoba. Selamat berbagi hasil dengan pemilik tanah. Semoga memberikan inspirasi.

Ntu dibawah masih anyar artikelnya:



0 komentar:

Posting Komentar